Web Banner and Animation

 

 

Mengerjakan banner dan animasi web bagi sebagian desainer mungkin sebuah pekerjaan yang remeh, tidak menantang kreativitas dan imajinasi. Apalagi di tahun-tahun awal mula internet dulu kreativitas dan imajinasi baik untuk “desain diam” apalagi “desain bergerak” banyak dibatasi oleh kendala-kendala teknis, terutama soal bandwidth.

Dengan bandwidth yang masih sempit, waktu download menjadi faktor yang mesti diperhatikan dengan baik. Untuk menampilkan still images seperti foto atau illustrasi saja harus direncanakan dulu dan dikerjakan dengan matang supaya bisa didownload dalam waktu yang sependek mungkin. Sedangkan untuk menampilkan motion graphics dengan desain dan kualitas seperti di TV atau film, maaf saja…belum bisa lah yauww. Bisa seumur hidup nunggu download-nya.

Untuk memperpendek waktu download, ukuran file gambar harus dibuat sekecil mungkin dengan menggunakan teknik kompresi. Akibatnya, kualitas gambarnya seringkali menjadi lebih rendah dan warnanya berubah. Pada saat itu format kompresi untuk banner dan animasi web yang biasa digunakan adalah GIF Animation. Sementara banner dan animasi web yang menggunakan teknologi Flash masih sedikit, karena untuk memutar/memainkannya pengguna web harus mendownload Flash Player.

Dalam kondisi seperti itulah saya ditugaskan membuat web banner dan teaser setiap minggunya untuk portal pariwisata tempat saya bekerja. Selain web banner, pada waktu-waktu tertentu saya juga membuat animasi dan e-card.

decadesign_banner.jpg

Alhamdulillah, karena saya selalu menganggap tugas yang diberikan ini sesuatu yang penting dan menarik, pekerjaan ini tidak pernah menyulitkan dan membosankan. Dengan begitu, keterampilan desain dan hasil kerja saya juga semakin baik dari waktu ke waktu. Yang juga menarik, semakin saya berusaha untuk mendalami pekerjaan ini, semakin banyak resources, ilmu dan pembelajaran tentang motion graphics yang bisa saya dapatkan.

Pelajaran yang saya dapatkan dari pekerjaan ini :
1. Keterbatasan dan kendala yang ada bukanlah pembunuh inovasi, kreativitas dan imajinasi. Justru bisa menjadi alat untuk bisa menghasilkan yang terbaik dari apa yang ada.
2. Meski ukurannya kecil, membuat banner tetap merupakan pekerjaan desain yang menantang dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: