Sumber daya SI

Siklus hidup sistem

Komunikasi rantai tradisional

type of information system

Informasi adalah salahsatu jenis utama sumberdaya yang tersedia bagi manajer dan merujuk pada suatu perusahaan ataupun organisasi baik para pemimpinnya maupun anggota lainya. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumberdaya lain, dan perhatian pada topik ini bersumber dari dua pengaruh. Perrtama, bisnis telah menjadi semakin rumit dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.Output informasi dari komputer digunakan oleh para manajer,non-manajer, serta orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan. Aplikasi utama komputer adalah pengelolaan data akutansi, aplikasi tersebut diikuti oleh empat aplikasi lain ; system informasi manajemen (management information system), system pendukung keputusan (decision support system), kantor visual (virtualovicee), dan system berbasis pengetahuan (knowledge-based system).Kelima aplikasi ini membentuk system informasi berbasis komputer (computer-based information system), atau CBIS.Perusahaan-perusahaan membentuk suatu organisasi jasa informasi yang terdiri dari para spesialis informasi untuk menyediakan keahlian dalam pengembangan system berbasis komputer.Para spesialis ini mencakup analisis system(system analyst ), pengelola database (database administrator), spesialist jaringan (network specialists), programmer dan operator. Dalam beberapa tahun terakhir, fpara pemakai telah mulai melakukan sebagian besar para spesialist-suatu fenomena yang disebut end-user computing.Sulit untuk membuktikan nilai ekonomis dari suatu aplikasi komputer, tetapi banyak analisis yang dilakukan umtuk menjustifykasi tiap proyek potensial. Setelah berjalan proyek tersebut berkembang melalui suatu siklus hidup system (system life cycle).
Jenis Jenis Sumber Daya Utama· Manusia· Material· Mesin(termasuk fasilitas dan energi)· Uang· Informasi (termasuk data)
Lima Sumberdaya dasar system informasi · Manusia· Hardware· Software· Data· Networks
Sumberdaya diatas dikelola oleh manager seefektif mungkin.Kita gunakan istilah sumber daya fisik untuk menggambarkan sumberdaya yang dapat disentuh, istilah sumber daya konseptual untuk menggambarkan informasi dan data.
Bagaimana Informasi Dikelola Seluruh aktivitas pengelolaan informasi disebut sebagi manajemen informasi. Pengelolaan meliputi pengambilan data ,merubah menjadi informasi, membuang data yang tidakdiperlukan ,data yang akan diambil dan lain-lain.
Perhatian Pada Manajemen Informasi· Meningkatnya kerumitan Kegiatan Bisnis· Pengaruh Ekonomi Internasional· Persaingan Dunia· Meningkatnya Kerumitan Teknologi· Batas waktu yang semakin singkat· Kendala kendala Sosial· Kemampuan Komputer yang Semakin baik


Informasi semakin ke bawah maka semakin terstruktur

Informasi semakin ke atas semakin tak terstruktur

Di Mana Para Manajer Ditemukan

Tingkat Manajemen Manajer pada puncak hirarki organisasi, seperti direktur dan wakil direktur, sering disebut berada pada tingkat perencanaan strategis (Straregic planning level). Istilah ini menunjukan pengaruh atas keputusan-keputusan yang diambil pada seluruh organisasi selama beberapa tahun mendatang. Manajer tingkat menengah mencakup manajer wilayah, direktur produk, dan kepala divisi. Tingkat mereka dinamakan tingkat pengendalian manajemen (management control level) yang menyadari bahwa tanggung jawab mereka mengubah rencana menjadi tindakan dan memastikan agar tujuan tercapai. Manajer tingkat bawah menyangkut kepala departemen ,penyelia (supervisor), dan pimpinan proyek, yang bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer di tingkat yang lebih tinggi. Tingkat terendah ini disebut tingkat pengendalian operasional (operational contral level) ,karena disinilah operasi perusahaan berlangsung.Istilah ekskutif sering digunakan untuk menggambarkan seorang manajer pada tingkat perencanaan strategis.
Bidang fungsional disamping berada dalam berbagai tingkat organisasi, manajer juga terdapat pada berbagai bidang functional tiga bidang functional yang tradisional adalah pemasaran,manufaktur dan keuangan.Belakangan ini ada duabidang tambahan yaitu sumberdaya manusia dan jasa informasi.
Apa yang dilakukan para manajer· Fungsi manajemen · Peran manajerial
Seorang manajer harus memiliki kemampuan dalam hal; keahlian manajemen,komunikasi, pemecahan masalah,dan juga pengetahuan manajemen. Hal itu sangat mendukung pengolahan maupun pemanfaatan dari sumber daya informasi.
Sistem dan manajerSystem adalah suatu integrasi elemen -elemen, yang semuanya bekerja menuju satu tujuan.Semua system meliputi tiga elemen utama : · input,· transformasi dan· output.Sebagian system dapat mengendalikan operasi mereka sendiri, dan disebut system lingkaran tertutup (closed-loop system). Sistem lingkaran tertutup mencakup suatu mekanisme pengendalian, tujuan dan ligkaran umpan balik ( feedback loop) di samping tiga elemen utama. Sehingga dengan sistem ini dapat meyakinkan apakah sistem telah memenuhi tujuan.Sistem yang tidak mempunyai kemampuan pengendalikan disebut system terbuka ( open system) , dalam arti semua system atau berhubungan dengan lingkunganya.
Perusahaan adalah suatu contoh system terbuka dan tertutup.Manajer mengelola suatu system fisik yang terdiri dari orang ,material, mesin dan uang. Manajer memantau system fisik tersebut dengan menggunakan system konseptual. Sistem konseptual menyediakan informasi yang menggambarkan keadaan kedaan system fisik perusahaan dan lingkungannya.Para manajer harus memandang unit organisasi mereka dengan pandangan system. Yaitu; mencegah manajer tersesat dalam kerumitan struktur organisasi dan rincian pekerjaan, menyadari perlunya memiliki tujuan yang baik, menekankan akan pentingnya kerjasama dari semua bagian dalam organisasi, mengakui keterkaitan organisasi dan lingkungan, memberi penilaian yang tinggi pada informasi mpan balik yang hanya dapat dicapai dengan cara system lingkaran tertutup.
Komponen dari system informasiFour major concepts yang dapat siaplikasikan pada semua tipe sistem informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: