IMPLEMENTASI ALGORITMA MIDPOINT DISPLACEMENT PADA PEMBANGKITAN CITRA TERRAIN

Salah satu kajian pada bidang grafika komputer adalah pembangkitan citra terrain. Terrain secara bahasa berarti permukaan bumi. Terrain banyak ditemukan pada aplikasi game 3D, simulator dan film animasi 3D. Tanpa adanya terrain, film animasi 3D tidak akan tampak realistis, karena film animasi biasanya menggambarkan tentang kehidupan sesungguhnya.
Terdapat beberapa algoritma yang bisa digunakan untuk membangkitkan atau membentuk suatu terrain. Diantaranya adalah algoritma Midpoint Displacement atau juga disebut algoritma The Diamond-Square atau algoritma Plasma. Algoritma tersebut sangat mudah dipahami dan digunakan, namun dapat menghasilkan suatu citra yang bentuknya cukup rumit. Citra yang dihasilkan akan berbentuk 3 dimensi (3D).
Setelah dilakukan percobaan, terrain mulai terbentuk pada iterasi ke-5. Waktu yang dibutuhkan untuk pembangkitan citra terrain pada iterasi tersebut adalah 50 ms. Besarnya nilai roughness menjadikan bentuk terrain yang dihasilkan menjadi lebih bervariatif, karena nilai yang dibangkitkan adalah acak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: